Sesuai namanya, adumanis berasal dari perpaduan dua motif menjadi motif harmonis yang cantik dan manis. Motif Batik Adumanis ini banyak digunakan pada saat upacara pernikahan karena menggambarkan keharmonisan dua mempelai dalam menjalani kehidupan bersama di keluarga.
Motif parang adalah motif klasik yang mengambil dasar gambar tebing dipesisir pantai selatan pulau jawa. Batik parng kusumo adalah salah satu variasinya yang mengandung gambar parang dan mlinjon. Batik parang kusumo mengandung arti sebagai harapan agar pemakainya terlihat indah seperti bunga sedang mekar (kusumo).
Makna motif sidoasih adalah hidup dalam kasih sayang, berhasil membangun keluarga dan masyarakat melalui cinta dan kasih sayang kepada sesama. Simbol-simbol batik memiliki makna filosofis yang mendalam yang perlu juga kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Jangan hanya cintai keindahan fisiknya
Motif parang sendiri terdiri dari berbagai motif bawahan lainnya yang masing-masing memiliki arti berbeda. Parang sendiri merupakan simbol ombak samudera. Parang menggambarkan semangat dan energi yang tiada… henti. Dulu, motif ini hanya boleh dikenakan oleh kasta prajurit dan adipati ke atas.

Parang Barong merupakan parang yang paling besar dan agung yang hanya boleh digunakan untuk Raja. Sedangkan Parang Rusak digunakan prajurit setelah perang, untuk memberitahu Raja bahwa mereka telah memenangkan peperangan. Gambar berikut adalah gambar motif Parang Klithik.