Tiga tahun lalu, Microsoft Office Standard Edition, termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook beredar seharga US$ 480. Tetapi sekarang, harga Office 2010 versi Home and Business, yang mencakup empat aplikasi di atas termasuk OneNote, kini harganya cuma US$ 290.

Sebagai informasi, sejak akhir April lalu, Amazon telah menyediakan layanan pre-order untuk Office 2010. Retailer online tersebut saat ini mencantumkan harga Office versi Home and Student untuk tiga pengguna seharga sekitar US$ 145, versi Home and Business untuk satu pengguna US$ 290, dan versi Professional US$ 590.

Dalam urusan produk software yang beredar di dunia komputer, Microsoft Windows dan Office merupakan yang terbesar. Untuk Windows, Microsoft sebelumnya sukses menghadirkan Windows 7 pada Oktober lalu. Peluncuran berjalan sesuai rencana dan sistem operasi itu mendapatkan sambutan yang baik dari media dan pengguna.

Selanjutnya, peluncuran software besar-besaran yang akan dilakukan oleh Microsoft adalah Office 2010. Generasi penerus dari Office 2007 ini masih sekitar 6 bulan ke depan. Akan tetapi Microsoft sudah siap mengumumkan struktur harga aplikasi produktivitas populer tersebut.

Microsoft-Office-2010

Seperti diberitakan dari blog resmi kelompok pengembang Microsoft Office, 8 Januari 2010, berikut ini harga resmi Microsoft Office 2010 (versi retail boks/versi product key card, dalam dolar AS):

– Office Home and Student (149/119)
– Office Home and Business (279/199)
– Office Professional (499/349)
– Office Professional Academic (99/-)

Mereka yang memilih untuk membeli versi retail dalam format DVD lengkap dengan kemasan kotak plastik akan membayar sekitar 30 sampai 150 dolar AS lebih mahal.

Kalau mau lebih murah, pengguna bisa pilih versi Product Key Card. Untuk mendapatkan software Office-nya sendiri, Anda bisa mendownloadnya langsung dari situs Microsoft. Kode aktivasi yang ada di Product Key Card tersebut dibutuhkan saat Anda akan melakukan instalasi nantinya.

Berhubung lebih murah, tentu ada kekurangan dari versi Product Key Card. Kalau versi retail dari Office Home and Student memperkenankan Anda menginstalasikan software tersebut di 3 komputer dan versi Home and Business, Professional, dan Professional Academic boleh dipasang di 2 komputer, versi Product Key Card hanya boleh dipasang di 1 komputer saja. Artinya, jika Anda berencana untuk menginstalasikan Office di lebih dari 1 PC, versi Product Key Card menjadi lebih mahal.

Saat ini Microsoft belum mengumumkan harga upgrade untuk Office 2010. Harga upgrade biasanya diumumkan menjelang peluncuran software yang bersangkutan. Sampai versi penuhnya hadir, Anda yang ingin mencoba Office 2010 Beta bisa mendownloadnya di situs Microsoft.

Lalu ada edisi Home Office untuk pekerja dan UKM yang seharga US$ 279 versi boks, US$ 199 dengan key card.

Versi kelas atas dari Office 2010 adalah edisi profesional yang dilengkapi dengan sejumlah tools untuk kalangan korporat dan dipatok US$ 499 boks dan US$ 349 key card.

Sementara untuk versi paling hemat adalah Office Professional Academic untuk pelajar dan pengajar, yang harganya bisa sampai US$ 99. Demikian diberitakan dari Information Week.

Ingin langsung membeli? Sabar dulu, sebab Office 2010 secara resmi baru akan diperkenalkan Microsoft paling cepat pertengahan tahun atau selambat-lambatnya akhir tahun nanti.

Selain itu, biasanya Microsoft juga membedakan harga aplikasinya berdasarkan status negara. Artinya, harga yang dipatok di negara maju tidak sama dengan yang dibanderol di negara berkembang.**

——
Sumber: http://www.surya.co.id/2010/05/15/microsoft-office-2010-beredar-15-juni-dengan-harga-terjangkau.html